TEHNIK BELAJAR MURDER

Begitu banyak teori sistem belajar ,kamu bisa mencobanya sesuai yang kamu suka, yang jelas semuanya akan memberikan manfaat padamu. Namum kali ini saya akan menyingkap yakni MURDER STUDY yang bermanfaat mengembangkan sistem belajar yang aktif dan efisien. sistem belajar ini dikenal dengan MURDER, yang terdiri dari:


Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review


  1. Mood(Suasana hati)


Ciptakan selalu mood yang positif utk belajar .ini bisa dilakukan dengan menentukan waktu, lingkungan, dan sikap belajar yang sesuai dengan pribadimu


  1. Understand(Pemahaman)


Tandai informasi yang bahan pelajaran yang TIDAK kamu mengerti dalam satu unit.fokuskan pada unit tersebut atau lakukan beberapa kelompok latihan untuk itu


  1. Recall(Ulang)


Setelah belajar satu unit ,berhentilah dan ulang bahan dari unit tersebut dengan kata-kata yang kamu buat.


  1. Digest(Telaah)


Kembalilah pada unit yang tidak kamu mengerti dan PELAJARI KEMBALI keterangan yang ada .lihatlah informasi yamg terkait pada artikel ,buku teks atau sumber lainnya , atau diskusikan dengan teman atau guru.


  1. Expand(Kembangkan)


Pada langkah ini ,tanyakan tiga per soalan berikut terhadap materi yang telah kamu pelajari:


  • Andaikan saya bertemu dengan penulis materi tersebut, pertanyaan atau kritik apa yang hendak saya ajukan?

  • Bagaimana saya bisa mengaplikasikan materi tersebut ke dalam hal yang saya sukai ?

  • Bagaimana saya bisa membuat informasi ini menjadi menarik dan mudah dipahami oleh siswa-siswi lainnya ?


  1. Review(pelajari kembali)


pelajari kembali materi yang sudah dipelajari.ingatlah strategi yang telah membantu kamu mengerti dan atau mengingat informasi.jadi terapkan strategi tersebut untuk cara belajar berikutnya, Nah selamat mencoba.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar