CARA MENGHALAU STRESS

Banyak hal yang harus kamu kerjakan dari aktivitas organisasi, sekolah, dan banyak hal yang lainnya. Kegiatanmu yang banyak seperti itu harus ditambah lagi dengan masalah yang mesti kamu hadapi entah dengan teman, orangtua, atau lainya. Itu semua jika kamu tidak bisa mengaturnya dengan baik bias bikin stress. Kalau sudah begini, buat konsentrasi belajar rasa-rasa sudah sangat sulit.

Gejala-gejala stress mencakup mental social,dan fisik .misalnya saja kelelahan, kehilangan atau meningkatnya nafsu makan, sakit kepala, sering menangis, susah tidur, dan tidur berlebihan. perasaan was-was dan frustasi atau kelelahan dapat muncul bersamaan dengan stress.

Jika hal tersebut menimpamu maka hanya ada satu kunci yang harus kamu perhatikan, yaitu MANAJEMEN STRESS. ini merupakan kemampuan untuk mengendalikan diri ketika situasi, orang-orang, dan kejadian yang ada memberi tuntutan yang berlebihan.

Apa yang dapat kamu lakukan untuk mengatur stress? strategi apa saja yang harus kamu kerjakan :

1.Perhatikan lingkungan sekitarmu, amatilah mungkin masih ada tindakan tindakan yang benar-benar bisa mengubah dalam situasi yang menyulitkanmu.
2.Belajarlah memilih cara terbaik untuk relaks dan santai. Berdoa, mengingat allah swt, membaca al-quran, dan latihan pernapasan telah terbukti efektif dalam mengendalikan stress.Praktekkanlah hal ini, berlatihlah untuk menjernihkan pikiran kamu dari pikiran-pikiran yang menggangu.
3.Jauhkan dirimu dari situasi-situasi yang menekan. Fisikmu memiliki hak untuk istirahat. Maka berilah kesempatan waktu kamu untuk istirahat biarpun hanya utk beberapa saat setiap hari.
4.Tentukan tujuan yang realistis dan mungkin dengan mengatur dan memilih aktivitas yang lebih prioritas akan mengurangi beban pikiranmu dan hal tersebut akan mengurangi otak kamu dari beban yang berlebihan.
5.Jangan terlampau mempermasalahkan hal-hal yang sepele. Jangan mudah pusing dengan masalah masalah yg sepele. Setiap masalah butuh solusi bukan dipusingi.
6.Jangan reaktif emosional. Pikirkan dahulu sikapmu jangan terburu mengambil tindakan. belajarlah untuk reaktif spontan tanpa kendali, karena ini akan berakibat buruk dgn dirimu.
7.Ubahlah cara pandang, belajarlah mengenali stress ubahlah cara pandang kamu terhadap permasalahan, landasi dgn pikiran positif.
8.Hindari reaksi yg berlebihan. Mengapa harus membenci jika sedikit tidak suka sudah cukup? mengapa harus merasa bingung jika cukup dengan hanya merasa gugup? mengapa harus mengamuk jika marah sudah cukup? mengapa harus depresi jika cukup dengan merasa sedih?.
9.Lakukan sesuatu untuk orang lain, bicaralah dengan oranglain, utk melepaskan pikiran dari masalah kamu sendiri.
10.Tidur cukup. Kurangnya istirahat menyebabkan kondisi fisik dan mental kurang baik sehingga saat ada masalah kamu akan gampang stress.
11.Hindari stress. Lakukan hal-hal yang positif utk melepas ketegangan bisa dengan kegiatan-kegiatan fisik misalnya jalan-jalan, tennis, ataupun berkebun.
12.Hindari pelarian stress pada hal-hal negatif, misalnya alkohol, dan obat-obatan yang dapat menyembunyikan stress. Percayalah hal itu hanya akan memperburuk keadaan.
13.Tingkatkan ketahanan diri kamu, Jangan mudah gugup dan bingung. Yang harus digaris bawahi dari manajemen stress adalah ’’SAYALAH YANG MEMBUAT DIRI SAYA SEDIH”. Mengapa harus membuat sedih sendiri?.
14.Tanamkan pada diri kamu bahwa kamu dapat mengatasi segala sesuatu daripada kamu berpikir yang tidak-tidak, atau takut dengan kekhawatiranmu.

Menurut para ahli, stress sebenarnya dapat membantu ingatan, terutama ingatan jangka pendek dan tidak terlalu kompleks. Akan tetapi jika stress terjadi sacara terus menerus dapat menghambat pengiriman glukosa dan menggangu ingatan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar